Rabu, 26 September 2012

Melaporkan Postingan Yang Di Copy-Paste ke Google

0 komentar
Assalamualaikum
Apakah artikel atau posting Anda pernah dicuri oleh blogger lain? Jika iya, FIGHT BACK!
Bukan karena tidak ingin berbagi, namun atas dasar menghentikan tindakan plagiarisme alias copy-paste konten hasil karya orang lain. Terlebih jika tulisan tersebut tidak memberikan kredit/tautan ke sumbernya.
Beberapa hari yang lalu, saya iseng-iseng melihat data awstats di cPanel, dan menemukan perbedaan jumlah bandwidth yang cukup signifikan pada server saya. Setelah melihat lebih dalam, terlihat bahwa bandwidth saya terkuras oleh beberapa file gambar. Saya tahu gambar tersebut berada pada salah satu posting blog saya.
So, saya berinisiatif untuk mengetikkan judul post tersebut di search engine dan menemukan beberapa blog juga memiliki judul yang sama. Saya mengunjungi link tersebut dan melihat bahwa konten tersebut sama dengan artikel yang saya tulis. 100% sama. Lebih jauh lagi di blog tersebut terdapat banyak konten dari blog saya. Dan lebih lebih lebih jauh lagi, dari blog-blog yang lain.
Saya biasa melihat konten saya dicopy paste oleh teman lain, namun merasa kurang nyaman jika file-file gambarnya juga menggunakan source dari server yang saya gunakan. Maklum, soalnya hosting saya terbatas :) . Terlebih blog yang melakukan plagiarisme tersebut (identitas blog disamarkan) menggunakan Blogger/Blogspot, yang pada dasarnya hosting gratisan.
Blog tersebut memiliki trafik tinggi, sehingga efeknya pada bandwith saya lumayan terasa. Dan saya kali ini memilih untuk memberikan sedikit pelajaran pada pelaku duplikasi konten tersebut :) . Untungnya, Google membuka pintu selebar-lebarnya terhadap pengaduan tersebut, di bawah payung DMCADigital Millennium Copyright Act.
Artikel milik saya yang di-copas dan saya klaim adalah dua link berikut (dari blogEdutechnolife.com):
Top 10 Software Edit Foto Gratis (Freeware) dan 15 Aplikasi BlackBerry Terpopuler. Masih terdapat beberapa konten lainnya yang di-copas, namun saya hanya melaporkan dua link tersebut, sekedar untuk melihat bagaimana balasan dari Google terhadap pengaduan tindakan plagiarisme.
Dan sehari setelahnya, Google betul-betul mengirim email kepada saya dan memberitahukan bahwa url yang saya adukan telah dihapus dari search engine. Hanya url yang diadukan, bukan seluruh url dari domain situs tersebut.
mengadukan duplikat konten ke google

Laporkan Tindakan Copy-Paste ke Google

Untuk menindak para pelaku copy-paste, Anda bisa melaporkannya ke Google. Tujuannya adalah untuk menghapus url konten copy-paste dari search engine. Karena algoritme Google Panda akan memberikan efek buruk pada blog kita jika terdapat konten yang identik di beberapa situs lain, tidak peduli siapa yang mengcopy dan siapa yang dicopy.
Caranya, kunjungi halaman Google Copyright Removal. Anda diminta untuk log in untuk mengakses halaman tersebut.
Selanjutnya, isi nama lengkap, email dan asal negara. Isi dengan benar, karena form ini memiliki kekuatan hukum, sehingga Anda tidak boleh sembarangan meng-klaim atau meminta url milik orang lain dihapus seenaknya.
Tiba pada bagian inti, masukkan deskripsi dan data konten Anda yang dicuri.
menghapus konten copy paste
Pada kolom pertama, berikan deskripsi singkat mengenai konten yang dicuri, apakah itu gambar, video, tulisan, atau semuanya (keseluruhan posting).
Kolom selanjutnya, berikan url dari blog Anda, merujuk pada konten asli yang di-copas oleh orang lain.
Kolom terakhir, masukkan url-url dari situs lain yang mencuri konten tersebut. Anda bisa memasukkan banyak url sekaligus (satu url setiap baris), selama url tersebut merupakan hasil copas dari konten yang Anda maksudkan di kolom sebelumnya. So, Anda bisa memberikan url dari Blog A, Blog B dan seterusnya.
Jika sudah terisi semua, selanjutnya centang konfirmasi pada bagian bawah halaman tersebut. Isikan tanggal dan isi Signature (nama lengkap) Anda. Isi kolom Captcha dan klik Submit.
Anda juga bisa mengadukan konten lainnya yang di-copas dengan menekan link Add a New Group yang berada di bawah kolom terakhir.
Selesai. Setelah itu Google akan mereview pengaduan Anda selama 1 – 2 hari.

Menyikapi Tindakan Copy-Paste/Plagiarisme

Terdapat beberapa cara untuk menyikapi tindakan copy-paste yang sepertinya sudah menjadi hal biasa di Indonesia. Di antaranya adalah:
  1. Menghubungi langsung pemilik web dan memintanya memasang link sumber, atau memintanya menghapus posting tersebut.
  2. Meminta Google untuk menghapus url-url duplukat konten tersebut dari search engine seperti cara di atas (ini bagus untuk SEO web/blog Anda).
  3. Anda juga dapat mengadukan pelanggaran-pelanggaran lain sehubungan dengan produk Google di halaman support Google berikut ini, misalnya AdSense atau Blogger.
  4. Melaporkan hal serupa pada perusahaan hosting web yang bersangkutan.
Bagaimana menurut Anda? Bagaimana cara Anda menyikapi tindakan plagiarisme, atau bagaimana sikap Anda jika konten Anda di-copas oleh blogger lainnya? Share via komentar di bawah… :)


Jika anda menyukai artikel ini silahkan klik tombol suka dibawah ini

Leave a Reply

Yang Paling Sering DiLihat